15 Cara Menghemat Kuota Internet agar Kantong Tidak Jebol Selama Pandemi

Internet sudah sama pentingnya dengan kebutuhan makan minum, zaman sekarang. Belanja pulsa jalan terosss apalagi dikurung di rumah saja, hehe. Ingin lebih menghemat kuota? Simak triknya!

Berapa jam waktu yang kita habiskan untuk berinternet dalam sehari? Global Digital Reports 2020 yang dirilis akhir Januari lalu menyebut, selama tahun 2019, pengguna internet di Indonesia berusia 16 tahun hingga 64 tahun menghabiskan waktu berselancar di dunia maya rata-rata selama 7 jam 59 menit per hari. Lama waktu itu di atas rata-rata orang sedunia yang hanya menghabiskan waktu 6 jam 43 menit per hari berinternet. Wuihhhh!

Bisa ditebak di zaman pagebluk yang memaksa orang terkurung di rumah dan menjalankan berbagai aktivitas #diRumahAja, konsumsi kuota internet bakal membengkak luar biasa. Ya, bayangin aje. Zoom call tiada henti. Webinar gratisan maupun berbayar di mana-mana. Live IG dengan Nicsap dan Raisa dan selebritis atau selebgram bertebaran. Belum lagi maraton drakor. Da Kyung dan Ji Sun Wo, hahaha. Ditambah lagi twitwar dan perang komen di pesbuk gegara postingan hoax, wkwkwk. Juga, tentu saja: main TikTok-an biar eksis teroosss (hayo siapa?!). Konsumsi kuota internet jelas melambung tinggi. Sudah cek belum pengeluaran untuk beli pulsa internet jadi naik berapa selama pandemi corona ini? Hehe.

Pengalaman saya agak susah jadi acuan untuk mengukur ada atau tidak pelonjakan konsumsi internet dan efeknya ke pengeluaran bulanan. Soalnya, di rumah saya sudah lama memakai wifi unlimited (gabung dengan langganan TV kabel) untuk menunjang pekerjaan sehari-hari saya dan suami (yang memang cukup sering kerja dari rumah). Sedangkan ponsel memakai kuota dari paket telepon pascabayar yang internetnya standar 10GB-an sebulan. Ga pernah habis juga karena bergantian dengan wifi. Jadi, dari sisi pengeluaran, saya tidak ada pelonjakan.

meja kerja saya… (tapi boong, lol)

Nah, bagi Anda yang mulai terganggu dengan pembengkakan pengeluaran pulsa internet selama pandemi ini, tenang aja: ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak trik yang bisa Anda terapkan untuk menghemat kuota internet.

1. Jangan nyalakan semua aplikasi

cara menghemat kuota

Menyalakan data selular pada semua aplikasi di ponsel, bisa membuat paket data kamu cepat habis. Coba lihat pengaturan pemakaian data seluler di smartphone dan nyalakan untuk aplikasi-aplikasi yang memang sering kamu gunakan. Misalnya, untuk aplikasi media sosial seperti Facebook, yang sering kamu akses, atur agar menyala.

Sedang untuk aplikasi seperti Map atau peta, bila memang kamu tidak setiap saat memakainya, lebih baik kamu matikan. Atau, ubah ke mode offline saja agar tidak terus menerus menyedot data.

Bila kamu memakai iPhone, kamu bisa membuka Setting/Pengaturan, lalu buka Data Celullar. Geser kursor ke kanan menjadi hijau untuk menyalakan dan ke kiri untuk mematikan. Cara ini cukup efektif menghemat kuota internet kamu sehingga tidak tersedot untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu kamu perlukan.

2. Pakai browser yang hemat

cara mengumpulkan uang

Browser atau peramban juga bisa memboroskan kuota internet kamu. Terutama browser bawaan dari ponsel pintar. Misalnya, Safari yang tersedia di iPhone atau Google Chrome di platform Android. Supaya kuota internet kamu bisa lebih hemat, coba gunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser yang efisien mampu mengompresi website yang kamu kunjungi sehingga konsumsi data menjadi lebih sedikit.

Bila memakai Google Chrome, kamu bisa mengaktifkan penghematan dengan menyentuh ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih Settings, Bandwith, kemudian pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

3. Batasi pemakaian data tiap aplikasi

Para pengembang platform sudah memahami konsumsi data internet yang terlalu banyak bisa menyusahkan pengguna. Maka itu, kebanyakan platform menyediakan opsi menghemat konsumsi data. Misalnya, pada platform Android, kamu bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system. Dengan mengaktifkan ini, kamu akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet melampau batas.

Pada beberapa aplikasi seperti WhatsApp, kamu bisa mengaktifkan pengaturan data dengan membuka Setting, lalu Data and Storage Usage. Nonaktifkan media auto download. Semisal kamu sering berada di tempat dengan Wifi, pilih saja download hanya saat ada wifi. Pengaturan panggilan di WhatsApp juga bisa kamu atur menjadi Low Data Usage agar kuota internet tidak boros. Hanya saja, efeknya, kualitas panggilan melalui aplikasi ini berisiko kurang baik.

4. Matikan autosinkronisasi

Banyak aplikasi yang menerapkan sinkronisasi otomatis sehingga mereka menyedot kuota internet secara langsung tanpa kamu sadari.

cara menghemat kuota
(source: jalantikus.com)

Sebagai langkah menghemat kuota internet, kamu bisa mematikan fitur autosinkronisasi ini dan memilih mode manual saja. Caranya, masuk ke Settings, lalu Account, kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

5. Manfaatkan fitur Airplane Mode

Bila kamu akan berada di tengah kondisi yang tidak memungkinkan memegang ponsel, mengapa tidak menyalakan airplane mode saja supaya data internet tidak terus menerus tersedot? Misalnya, saat kamu tengah berdesakan di transportasi publik atau saat berjalan-jalan.

Memakai ponsel di tengah keramaian transportasi publik bisa memancing orang jahat. Terus memandangi layar ponsel saat berjalan-jalan juga kurang baik. Kamu bisa tersandung atau menabrak orang di depan gara-gara tidak awas.

6. Matikan ponsel saat tidur

Rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 7 jam untuk istirahat malam. Bayangkan bila kamu selalu membiarkan ponsel menyala saat tidur. Data internet terus tersedot padahal kamu tidak sedang berselancar atau memakai ponsel.

Jadi, jangan lupa selalu mematikan ponsel atau aktifkan fitur Airplane Mode sebelum kamu tidur. Cara ini lumayan menghemat kuota internet. Risikonya, bila kamu selama ini bergantung pada ponsel sebagai alarm bangun tidur, bisa-bisa kamu bangun kesiangan. Gunakan jam weker saja agar lebih hemat. Lagipula, sinyal ponsel yang terus menyala ketika kamu tidur, kurang baik bagi kesehatan, lho.

7. Hapus aplikasi boros kuota data

Coba melihat aplikasi mana saja yang banyak menyedot konsumsi data. Caranya, buka menu Settings lalu buka Data Usage, scrolling ke bawah dan di situ kamu bisa melihat aplikasi mana yang boros menyedot data. Hapus saja atau uninstall aplikasi yang terlalu boros memakan data internet.

8. Atur penggunaan data di Background App Refresh

Fitur Background App Refresh diam-diam memakan kuota internet tanpa kamu sadari. Bila kamu memakai platform Android, kamu bisa masuk ke menu Settings, lalu Data Usage, sentuh tiga garis vertikal di kanan atas, kemudian pilih Restrict background data, klik OK.

Bila kamu memakai platform iOS, kamu harus telaten membuka satu per satu aplikasi di menu Settings dan nonaktifkan fitur Background App Refresh. Cara ini dapat membantu kamu menghemat kuota internet. Risikonya, kamu tidak mendapatkan notifikasi dengan cepat.

9. Update aplikasi hanya saat memakai WiFi

Cara ampuh lain untuk menghemat kuota internet adalah perbarui atau update aplikasi hanya saat kamu terhubung dengan jaringan WiFi. Jangan pernah menyalakan fitur update otomotis memakai celullar data.

Bila ponselmu menyimpan aplikasi hingga puluhan yang meminta update berkala, bisa-bisa kuota internet kamu habis untuk update aplikasi. Pada platform Android, cara mengaktifkan fitur ini adalah pergi ke menu Settings, lalu auto-update apps, pilih Auto-update apps over WiFi Only.

10. Pakai aplikasi kompresi data

Kamu bisa memakai aplikasi yang bisa melakukan kompresi data agar dapat menghemat kuota internet. Misalnya, memakai Onavo Extend. Aplikasi ini membantu kamu menganalisa semua aplikasi di perangkat Android. Hanya saja, Onavo tidak bisa kompresi video. Tapi, cukup lumayan membantu kamu menghemat kuota internet.

11. Manfaatkan aplikasi Mailbox untuk email

Memiliki aplikasi email di ponsel memang keren dan praktis. Tapi, keluar masuk email nyata menyedot kuota internet. Lebih baik kamu memanfaatkan aplikasi Mailbox agar bisa menghemat kuota internet. Mailbox bisa kamu dapatkan baik di platform iOS maupun Android.

Aplikasi Mailbox bisa memungkinkan kamu menyimpan data yang tidak perlu disedot saat memakai email. Otomatis, konsumsi kuota internet kamu bisa lebih hemat.

12. Optimalkan pemakaian WiFi

Bila kamu banyak beraktivitas di tempat yang menyediakan WiFi, manfaatkan untuk berselancar. Saat ini di tempat publik sudah semakin banyak yang memberikan fasilitas WiFi yang bisa diakses saat kita berkunjung atau berada di sana. Misalnya, di mal, cafe, di kantor, di kampus, dan lain-lain.

Hanya saja, memakai WiFi bisa membuat daya tahan baterai ponsel lebih singkat. Itu karena semua aplikasi otomatis menyala dengan bantuan WiFi. Selain itu, pastikan kamu tidak melakukan transaksi perbankan memakai jaringan WiFi untuk menghindari upaya penyusupan.

13. Manfaatkan Fitur Offline Mode

cara menghemat kuota
(source: androidcentral.com)

Sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur offline mode. Fitur ini memungkinkan kamu tetap memakai aplikasi walau dalam kondisi tidak terkoneksi dengan jaringan internet atau dalam kondisi offline.

Misalnya, Youtube. Bila memakai fitur offline mode, kamu dapat menyimpan video tanpa mengunduh, yang bisa kamu lihat nanti saat offline. Google Maps juga memiliki pilihan fitur ini, sehingga kamu bisa tetap memakai peta untuk mencari lokasi walaupun tidak tersambung dengan internet.

14. Hindari memakai kuota ponsel untuk teethering

Mungkin kamu merasa tidak puas berselancar di dunia maya memakai gadget dengan layar terbatas seperti ponsel pintar. Akhirnya, kamu tergoda menjadikannya personal hotspot (teethering) untuk laptop atau PC. Langkah ini dijamin bakal cepat menghabiskan kuota internet kamu. Nah, bila ingin menghemat kuota internet, jangan sekali-kali menjadikan smartphone kamu sebagai personal hotspot kecuali terpaksa.

15. Tangkis tampilan iklan di browser

Tampilan iklan pada browser acapkali tak sengaja tersentuh jari kita saat tengah berkelana di dunia maya atau browsing. Memang itulah tujuan si pemasang iklan, yaitu agar pemakai browser melihat iklan mereka.

Kamu bisa mmasang Adblock Plus untuk memblokir atau mematikan tampilan iklan di browser atau di halaman website yang tengah kamu kunjungi. Selain mengurangi  gangguan saat surfing dan browsing, kuota internet juga bisa kamu pastikan terpakai untuk hal yang memang kamu butuhkan.

Itulah dia cara-cara menghemat kuota internet supaya kebutuhan berinternet tidak mengganggu kesehatan kantong. Di tengah badai pandemi corona ini, kita dituntut lebih cerdik mengelola keuangan supaya nafas finansial lebih panjang. Menghemat pengeluaran untuk kuota internet bisa jadi salah satu ikhtiar. Gak susah, kan?

Comments

Banyak dibaca

Jakarta, Saya dan Seribu Cerita...

Darurat Literasi Finansial Mahasiswa di Kampus

Tarif Listrik Mahal, Turunkan Daya Listrik Jadi Solusi: Begini Cara Menurunkan Daya Listrik

Strategi Pengelolaan Keuangan Generasi Sandwich Tanpa Drama

Inflasi Tinggi Makin Mencekik, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Jastip Tipu-Tipu Menelan Korban Miliaran Rupiah: Waspadai Penipuan Jastip Skema Ponzi